Resume

Judul Buku: Pengantar Psikologi Umum

Oleh: Prof. Dr. Bimo Walgito

Penerbit: C.V ANDI OFFSET

ISBN: 9789792914559

 

Buku ini di buat bukan hanya untuk prodi psikologi saja, namun dapat digunakan oleh prodi lain. Karena psikologi umum adalah salah satu mata kuliah di prodi PGSD yang sangat penting untuk dipelajari. Karena dengan psikologi calon tenaga pendidik dapat memperhatikan dan mempelajari gejala-gejala jiwa yang muncul pada anak didiknya berupa perilaku atau hal lain, dan supaya dapat memberikan solusi atas masalah yang dihadapi anak didiknya.

Di dalam buku ini pengarang menjelaskan makna atau pengertian psikologi yang secara etimologi kata psikologi berasal dari bahasa Yunani yaitu psyche =jiwa  dan logos =ilmu. Karena psikologi yaitu ilmu yang berkaitan dengan jiwa, maka persoalan yang pertama muncul yaitu apakah yang dimaksud dengan jiwa. Pengarang menuliskan bahwa jiwa merupakan hal yang tidak nampak, namun dapat dilihat dari tingkah laku seseorang yang mengalami gejala-gejala kejiwaan. Misalnya, orang yang tidak fokus dan sering melamun dalam melakukan sesuatu dapat diartikan bahwa orang tersebut memiliki suatu masalah yang belum terselesaikan.

Pengarang juga mencantumkan pendapat para tokoh untuk memperkuat isi buku. Lalu apa yang dimaksud dengan psikologi? Ada beberapa pendapat para tokoh tentang pengertian psikologi. Secara garis besar psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala kejiwaan atau perilaku seseorang.

Dilihat dari segi objeknya, ruang lingkup psikologi dapat dibedakan dalam dua golongan, yaitu:

  1. Psikologi yang meneliti dan mempelajari manusia.
  2. Psikologi yang meneliti dan mempelajari hewan yang umumnya lebih tegas disebut psikologi hewan.

Psikologi Umum ialah psikologi yang meneiliti dan mempelajari kegiatan-kegiatan atau aktivitas psikis manusia yang tercermin dalam perilaku pada umumnya, dewasa, normal dan berbudaya. Sedangkan psikologi khusus yaitu psikologi yang meneliti dan mempelajari segi-segi kekhususan dari aktivitas-aktivitas psikis manusia.

Dalam buku ini juga dipaparkan bermacam-macam psikologi khusus, antara lain:

  1. Psikologi Perkembangan, yaitu psikologi yang membicarakan perkembangan psikis manusia dari masa bayi sampai tua, yang mencakup:
  • Psikologi anak (mencakup usia bayi)
  • Psikologi remaja
  • Psikologi orang dewasa
  • Psikologi orang tua
  1. Psikologi Sosial, yaitu psikologi yang khusus membicarakan tentang perilaku atau aktivitas-aktivitas manusia dalam hubungannya dengan situasi sosial.
  2. Psikologi Pendidikan, yaitu psikologi yang khusus menguraikan kegiatan-kegiatan manusia dalam hubungannya dengan situasi pendidikan, misalnya bagaimana cara agar pelajaran dapat dengan mudah diterima, dan sebagainya.
  3. Psikologi Kepribadian, yaitu psikologi yang khusus menguraikan tentang pribadi manusia, beserta tipe-tipe kepribadian manusia.
  4. Psikopatologi, yaitu psikologi yang khusus menguraikan mengenai keadaan psikis yang tidak normal (abnormal).
  5. Psikologi Kriminal, yaitu psikologi yang khusus berhubungan dengan soal kejahatan atau kriminalitas.
  6. Psikologi Perusahaan, yaitu psikologi yang berhubungan dengan soal-soal perusahaan.

Pengarang juga memaparkan fungsi dari ilmu psikologi. Pada umumnya psikologi dipelajari secara praktis dan toeretis. Psikologi secara praktis yang dalam segi ini orang mencari cara bagaimana dapat mempraktikkan psikologi untuk kehidupan hari-hari dalam berbagai bidang. Sedangkan psikologi dipelajari secara teoretis yaitu apabila orang mempelajarinya untuk mendapatkan ilmu, dan tidak dihubungkan dengan soal praktik.

Kehidupan individu tidak dapat lepas dari lingkungannya, baik lingkungan fisik maupun sosial. Ada beberapa peristiwa-peristiwa kejiwaan yaitu:

  • Presepsi, hasil presepsi antar individu mungkin akan berbeda, karena presepsi itu bersifat individual berupa perasaan, kemampuan berpikir, pengalaman-pengalaman individu.
  • Bayangan, sering disebut sebagai tanggapan. Namun gambaran pada presepsi lebih jelas dan lebih lengkap.
  • Fantasi, yaitu kemampuan jiwa untuk membentuk tanggapan atau bayangan-bayangan baru. Fantasi lebih bersifat subjektif, keburukan dari fantasi yaitu orang dapat meninggalkan alam kenyataan lalu masuk dalam alam fantasi.
  • Ingatan, pada umumnya para ahli memandang ingatan sebagai hubungan antara penglaman dengan masa lampau.
  • Berpikir, tentang solusi untuk memecahkan masalah atau untuk memperoleh sesuatu yang

 

Kelebihan buku:

  1. Memuat banyak informasi tentang psikologi dan berbagai keterkaitannya dengan kehidupan manusia
  2. Penyajiannya cukup baik
  3. Menggunakan bahasa Indonesia yang baku

Kelemahan buku:

  1. Bahasa yang digunakan kurang dapat dimengerti
  2. Cover buku kurang menarik
  3. Pembahasannya tidak langsung pada informasi inti.
  4. Gambar tidak berwarna sehingga kurang menarik minat pembaca

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

32 + = 34